Informasi tentang bagaimana cara memancing lele mungkin sangat dibutuhkan oleh mereka yang hendak melakukannya. Bagi orang awam, memancing bisa jadi merupakan aktivitas yang mudah dilakukan. Cukup dengan melemparkan umpan ke titik yang dituju, selanjutnya menunggu agar ikan memakannya. Jika tali menegang maka tinggal ditarik saja.

Ternyata dalam praktiknya tidak semudah yang dibayangkan. Jika teknik memancing tidak benar, maka akan menghabiskan waktu sia-sia saja karena umpan tidak kunjung dimakan oleh ikan. Bukannya berhasil strike, malahan pulang dengan tangan hampa.

Salah satu ikan yang banyak tersedia di tempat pemancingan ikan adalah lele. Ikan ini dikenal dengan tekstur dagingnya yang lembut dan rasanya enak. Bagi yang suka memancing, ada sejumlah trik yang dapat dilakukan supaya hasil tangkapan ikan lele bisa banyak.

Teknik Memancing Ikan Lele Supaya Banyak Strike

Bagi anda yang hobi memancing, ada beberapa teknik yang bisa Anda lakukan supaya hasil tangkapan ikan lele bisa banyak. Baik itu di kolam pemancingan maupun di alam bebas. Berikut ini beberapa teknik tersebut:

1. Menggunakan Umpan Cacing

Pertama, sebelum memancing ikan lele yaitu dengan menggunakan jenis umpan cacing. alasannya, cacing adalah hewan yang sangat disukai lele dan ada beberapa jenisnya yang sangat ampuh. Berdasarkan sejumlah informasi, lele suka sekali jenis cacing merah atau cacing kobra.

Pada jenis cacing tanah ikan lele cenderung suka dengan cacing Lur.  Bagi para pemancing, baik itu untuk lomba atau memancing di sungai Umpan ini biasa digunakan. Pada umumnya, jenis umpan yang satu ini dipasang pada kail dalam bentuk bergerombolan mirip bola bergerak-gerak dan ini akan memancing perhatian ikan lele.

2. Perhatikan Mata Kail Dan Benang Pancing

Hal berikutnya yang harus diperhatikan yaitu menggunakan kan mata kail  dengan ukuran kurang lebih 8 sampai 10.  Selanjutnya, kaitkan dua sampai tiga mata kail.  Pakai benang pancing kuat untuk menarik ikan lebih besar dan kalau bisa warnanya jangan terang.  Pakai pelampung yang lumayan tinggi supaya  anda bisa lebih mudah mengamati umpan dimakan atau belum.

3.  Memperhatikan Tempat Atau Lapak

Cobalah untuk mencari tempat yang menurut anda memiliki tanah galian yang cukup.  Ikan lele biasanya akan menghampiri kolam dengan galian tanah lebih dalam.   Jika anda memancing di siang hari, pilih tempat yang lebih teduh dan kalau kelihatan ada lubang di pinggir kolam biasanya ikan bersembunyi di sana.

4.  Ikan Lele Punya Selera Makan yang Berubah-ubah

Ikan lele punya selera makan berubah-ubah, kadang ketika dekat dengan umpan biasanya hanya melihatnya saja.  Kadang-kadang juga menyentuh benang pancing sehingga kelihatan pelampung bergoyang.  jika hal ini terjadi sebaiknya Anda menyentak pancing.  Harapannya, ikan lele bisa terkait dengan mata pancing tersebut.

5. Memakai Umpan Alternatif Untuk Memancing

Selain menggunakan umpan cacing seperti yang disebutkan di atas, bisa juga memakai jenis umpan lainnya.  Beberapa alternatif misalnya ulat, serangga, atau potongan daging ikan dan ayam bisa digunakan.  Ada juga telur semut/kroto banyak dipakai para pemancing untuk menangkap lele ini.  Tentu saja, masing-masing sudah diolah terlebih dahulu agar lebih mudah ketika digunakan misalnya dengan dikukus.

Itulah informasi mengenai cara memancing lele yang bisa Anda praktikkan.  Ikan lele menjadi salah satu Primadona di berbagai tempat pemancingan.  Dengan ukurannya yang cukup besar,  akan menimbulkan kepuasan  tersendiri saat bisa berhasil strike.  Semoga hasil tangkapan Anda semakin banyak.

0 Shares:
Leave a Reply

Your email address will not be published.