Memiliki tanaman hijau bisa membuat pikiran lebih tenang dan udara lebih sehat. Tidak jarang jadi banyak orang yang berkebun sayuran di halaman rumah demi mendapatkan 2 hal tersebut.

Tujuan berkebun di rumah bisa bermacam-macam. Selain self healing dan membuat susana lebih hijau. Ada juga yang karena ingin menekuni hobi serta ingin memetik sayuran sehat dari hasil kebun sendiri.

Karenanya banyak orang yang ingin mempelajari cara berkebun dari awal sampai berhasil panen.

Berkebun Sayuran di Halaman Rumah

Banyak teknik berkebun sayuran di halaman rumah yang dapat kamu terapkan dengan mudah tanpa memerlukan area yang luas. Bisa di halaman belakang maupun depan. Asal memiliki pencahayaan yang cukup agar sayuran bisa tumbuh dengan baik.

Berikut beberapa metode berkebun sayuran di halaman rumah yang dapat kamu terapkan. Metode ini cocok kamu gunakan untuk menanam aneka jenis sayuran sepertu sawi, bayam, dan cabe.  

  • Berkebun dengan Metode Hidroponik

Salah satu yang bisa kamu lakukan adalah menanam secara hidroponik. Saat ini teknik hidroponik sangat populer. Sebab cenderung mudah dilakukan dan cocok untuk kamu yang tinggal di perkotaan.

Hidroponik bisa dilakukan dengan menggunakan botol yang dibelah menjadi dua dan pada bagian atas dilubangi sebagai tempat aliran air. Lalu pada botol yang satunya diberikan pasir dan pecahan bata yang digunakan sebagai media tanam untuk Teknik hidroponik.

  • Berkebun Menggunakan Pot

Cara selanjutnya yakni menanam menggunakan pot. Fungsinya untuk meletakkan media tanam tempat sayuran nantinya tumbuh. Dalam menggunakan media untuk pot, kamu bisa menggunakan tanah dan kompos dengan perbandinhan 1:1.

Sebelum menanam, pastikan terdapat lubang pada bagian bawah pot. Sebagai tempat aliran air ketima air berlebih baik saat menyiram atau saat hujan. Sehingga media tanam tidak terlalu lembab atau terlalu basah yang bisa menyebabkan akar busuk dan tanaman mati.

  • Berkebun secara Vertikal

Berkebun sayuran di halaman rumah bisa juga kamu lakukan dengan menggunakan teknik vertikal. Yakni menanam secara tersusun atau tegak ke atas. Metode ini dikenal juga dengan sebutan vertikultur.

Kamu bisa menggunakan pot  yang kamu letakkan dengan rak tingkat. Bisa juga dengan menggunakan botol bekas yang kamu gantung atau kamu tempelkan di pahar atau tembok rumah.

  • Berkebun secara Aeroponik

Berkebun dengan teknik aeroponik bisa menjadi solusi tepat bagu kamu yang ingin panen sayuran dan ikan. Yang banyak dilakukan adalah menabam sayuran daun memelihata ikan lele.

Metode aeroponik hampir mirip dengan  hidroponik. Bedanya, pada sistem aeroponik, air yang digunakan adalah air yang digunakan untuk budidaya ikan.

Teknik aeroponik juga bisa menggunakan botol bekas yang digantung atau diletakkan di atas kolam budidaya ikan. Karenanya sebaiknya jenis tanaman yang akan dipelihara adalah jenis tanaman yang akan tumbuh besar.

  • Menggunakan Kantong Gantung (Hanging Wall)

Menanam tanaman di halaman rumah bisa memberikan kesan unik dan menarik bagi yang melihatnya, terutama pada tempat tanaman dengan kantong gantung yang terbuat dari kain. Nama lainnya adalah hanging wall.

Teknik ini hanya bisa digunakan pada tnaman hias atau sayuran yang tumbuh pendek agar tidak menembus kantong kain, contohnya seperti seledri. Kantong gantung yang digunakan untuk tempat tanaman tumbuh bisa kamu beli di marketplace.

Memiliki cara unik untuk berkebun sayuran di halaman rumah bisa memberikan kebahagiaan tersendiri, terutama bagi yang menyukai tanaman. Tetapi bukan hanya melihat indahnya tanaman yang tumbuh subur. Perlu adanya perawatan rutin untuk sayuran agar bisa dimanfaatkan bagi pemiliknya.

0 Shares:
Leave a Reply

Your email address will not be published.

You May Also Like