Setiap anak memiliki kecerdasan yang berbeda hingga pola asuh yang harus diperhatikan. Termasuk dalam tips pola asuh anak kinestetik yang lebih cepat tanggap dengan gerakan dan aktivitas fisik secara langsung. Sehingga orang tua bisa memberikan beberapa kegiatan bersama anak agar kecerdasan yang dimiliki dapat dikembangkan

Tips Pola Asuh Anak Kinestetik

Setiap anak memiliki pola asuh yang berbeda dan bisa dilakukan untuk mengasah kecerdasan yang dimiliki. Termasuk pada tips pola asuh anak kinestetik yang bisa dilakukan orang tua untuk melatih kemampuan otak anak dengan praktek.

  1. Bermain dengan alat peraga

Tips pola asuh anak kinestetik yang bisa dilakukan oleh orang tua adalah dengan bermain menggunakan alat peraga. Alat bermain yang bisa digunakan untuk melatih kecerdasan kinestetik adalah balok berwarna yang menarik perhatian anak. Cara bermain bisa digunakan dengan menghitung balok secara berulang.

Alat peraga bisa dilakukan dengan boneka jari maupun permainan lainnya yang bisa dihitung. Sehingga anak bisa belajar sambil bermain. Orang tua juga bisa memberikan cerita menarik kepada anak, dibandingkan langsung memberi buku cerita bergambar yang bisa membuat beberapa anak merasa bosan.

  • Ajak anak bergerak sambil bermain

Setiap anak memiliki tingkat aktif yang dapat diarahkan orang tua kepada kecerdasan kinestetik. Salah satunya dengan mengajak bergerak sambil bermain hal yang menyenangkan. Cara yang bisa dilakukan orang tua adalah mengajak olahraga maupun menari. Tanda anak yang memiliki kecerdasan kinestetik cenderung lebih sulit untuk diam. Sehingga mereka akan lebih aktif saat berhubungan dengan aktivitas fisik.

Olahraga dan menari bisa melatih minat dan bakat anak sejak kecil. Sehingga orang tua bisa mengasah kemampuan mereka dari cara tersebut. Selain olahraga dan menari, anak bisa diajak untuk memainkan sebuah drama yang dapat meningkatkan rasa percaya diri.

  • Libatkan anak pada pekerjaan rumah

Anak dengan kecerdasan kinestetik lebih menyukai kegiatan yang membutuhkan banyak gerak. Sehingga orang tua bisa melibatkan mereka kepada pekerjaan rumah yang mudah. Tujuannya untuk memberikan stimulus kepada perkembangan otak anak dengan sentuhan atau gerakan yang dilakukan.

Pekerjaan yang bisa dilakukan seperti membereskan mainan ke tempatnya kembali, membantu menyapu, atau membersihkan tempat tidur bersama.

  • Menyediakan fasilitas yang mendukung

Anak dengan kecerdasan kinestetik cenderung mudah bosan dengan belajar dan membaca secara terus menerus. Sehingga dibutuhkan fasilitas mendukung untuk mengarahkan kecerdasan yang anak miliki agar bisa berkembang. Fasilitas bisa dilakukan dengan menyediakan aktivitas fisik dan permainan yang menarik.

Selain itu, orang tua juga bisa memberikan pendidikan dengan sekolah yang tepat. Sekolah yang cocok dengan kecerdasan kinestetik adalah yang lebih memberikan pembelajaran dengan aktivitas gerak dan praktek secara langsung. Sehingga bisa melatih anak dalam mengingat jika menggunakan praktek. Lingkungan sekolah yang tidak tepat untuk anak kinestetik bisa membuat mereka merasa mudah bosan dan sulit untuk tanggap.

  • Menjelajah sambil belajar

Mengasah anak dengan kemampuan kinestetik bisa dilakukan dengan lingkungan luar sambl menjelajah. Mereka akan melakukan kegiatan fisik yang bisa membuat stimulus otak berkembang dan memahami apa yang dipegang maupun dilihat. Kegiatan menjelajah yang bisa dilakukan bersama anak adalah dengan menjelaskan pepohonan, nama binatang, bahkan sampai perubahan cuaca yang bisa dijelaskan saat berada di luar rumah. Hal tersebut bisa menjadi tips pola asuh anak kinestetik yang membuat mereka lebih mudah tanggap dengan penjelasan yang diberikan karena berhubungan secara langsung.

Orang tua bisa melatih tips pola asuh anak kinestetik agar kemampuan mereka lebih terarah. Pembelajaran dalam melatih kinestetik bisa dipahami dari kesalahan yang sempat dilakukan. Sehingga orang tua bisa memahami bagaimana membuat anak berkembang dengan kecerdasan yang dimiliki.

0 Shares:
Leave a Reply

Your email address will not be published.

You May Also Like